Joy Brewer dalam bukunya
yang berjudul “History of Vocational Konvidance (1942). Menyusun sejarah
bimbingan karir secara cronologis sebagai berikut:
1836 Edward Hazen dalam bukunya yang berjudul
The Panorama of Professions and Trades mengemukakan masalah-masalah yang
menyangkut gerakan pengajaran jabatan atau karir di sekolah.
1841 Glaslow dalam bukunya The Book of Trades
melaporkan bahwa tiap hari sabtu digunakan oleh selidah untuk mengunjungi
pabrik dan took.
1899 John Sidney Stoddard dalam bukunya What
Shall I Do? Mengungkapkan serangkaian laporan dari kelas imajiner terhadap lima
puluh pekerjaan yang berbeda disimpan dari keuntungan dan kerugiannya.
1908 William A Wheatley menganjurkan untuk
mengorganisir kursus yang berkaitan dengan pekerjaan atau jabatan.
1910 Louis P. Nash dalam A Course of Study on
Occupations menguraikan laporannya terhadap sekolah yang mendapat perhatian
sepenuhnya dalam bimbingan jabatan atau karir.
1913 Komite selidah di Boston mendirikan suatu
Departemen Informasi Jabatan kemudian dikirimkan ke sekolah-sekolah.
1915 W. Curson Ryan Jr. Memberikan komentar
yang pertama tentang bimbingan karir dalam Vocational and Convidance Bulletin.
1916 Ginn and Company menerbitkan Occupations
yang disusun oleh E.B.Gowin dan W.A. Wheatley dan dipergunakan secara luas oleh
sekolah-sekolah.
1923 EJ. Wiley. Melaksanakan, memasukkan
program studi jabatan dalam bahan kuliah.
1925. Marie. McNamara. Secara intensif memulai
usaha bimbingan di rumah untuk para siswa sekolah menengah.
1930. Sekolah-sekolah di Chicago memperkenalkan
kursus-kursus pilihan yang dikerjakan sendiri.
1949 kantor pendidikan Amerika melaporkan bahwa
158.098 orang siswa mengikuti kursus dalam jabatan atau karir.
1952 Sekolah-sekolah umum di Worcester, Mass.
Memperkenalkan kursus mengenai pemahaman diri sendiri dan karir pada sekolah
menengah dan yang sederajat.
1953. ER. Cvony. Dalam tesisnya An Evaluation
of Teaching Job Finding and Job Orientien melaporkan bahwa alumnus SMA yang
telah mendapat kursus dalam orientasi pekerjaan dan orientasi pendapatan
menunjukkan rasa lebih puas dan mendapat lebih banyak penghasilan.
1955 N. Lowenstein. Dalam tesisnya The Offect
Of an Occupation in School on Adjustment to College During the Fresh man Years
melarorkan bahwa murid-murid yang telah menamatkan pendidikannya di SMA dan
mengikuti kursus lebih baik dari pada yang tidak.
1957.ER. Cuony dan R. Hoppock dalam artikel
mereka job Course Pays off Again, melaporkan bahwa dalam jangka waktu lima
tahun berselan tindak lanjut penelitian. Orientasi pekerjaan dan pendapatan
menunjukkan perkembangan bagi siswa yang mengikuti kursus.
1959 Academi OF Teachers Occupation mengadakan
konvensi tahunan di Philadelphia.
1963. The State of Worth Curolina,
mengembangkan pengenalandari pekerjaan, jabatan ataau karir berupa kursus
pilihan untuk murid-murid kelas tiga SMA.
Senin, 10 Desember 2012
Tinjauan Sejarah Bimbingan Karier secara Kronologis
Diposting oleh
Sovia Bintang Aurora
Label:
Teori
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
0 komentar:
Ikutan Komentar