Senin, 10 Desember 2012

Dinamika Faktor-faktor yang Berpengaruh Terhadap Perkembangan Karir


Beberapa Faktor yang berpengaruh terhadap perkembangan karir diantaranya :
ü  Faktor-faktor yang berpengaruh pada diri individu
Faktor-faktor ini meliputi:
a)      Kemampuan intelegensi
Pada hakikatnya tes intelegensi memiliki kecendrungan untuk mengukur kemampuan pembawaan yang ada pada diri individu. Perbedaan intelegensi itu bukanlah terletak pada kualitasnya tetapi pada taraf intelegensi itu sendiri.
b)      Bakat
Bakat merupakan suatu kondisi, suatu kualitas yang dimiliki individu untuk berkembang di masa yang akan mendatang.
c)      Minat
Minat adalah suatu perangkat mental yang terdiri dari kombinasi, perpaduan dan campuran dari perasaan, harapan, prasangka, cemas, takut dan kecendrungan lain yang bisa mengarahkan individu kepada suatu pilihan tertentu.
d)     Sikap
Sikap adalah suatu kesiapan pada seseorang untuk bertindak secara tertentu terhadap hal-hal tertent, yang cendrung stabil dimiliki oleh individu dalam mereaksi terhadap dirinya sendiri.
e)      Kepribadian
Kepribadian diartikan sebagai suatu organisasi yang dinamis di dalam individu dari sistem-sistem psikofisik yang menentukan penyesuaian-penyesuaian yang unik terhadap lingkungannya.
f)       Nilai
Nilai adalah sifat-sifat atau hal-hal yang penting atau berguna bagi kemanusiaan. Dimana nilai bagi manusia dipergunakan sebagai patokan dalam melakukan tindakan.
g)      Hobi atau kegemaran
Hobi adalah kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan individu karena kegiatan tersebut merupakan kegemarannya atau kesenangannya.kegemaran seserang dalam bidang karang-mengarang, tulis-menulis artikel,memiliki kecendrungan untuk menentukan arah pilihan jabatan yang sesuai dengan hobinya.
h)      Prestasi
Penguasaan terhadap materi pelajaran dalam pendidikan yang sedang ditekuninya oleh individu berpengaruh terhadap arah pilih jabatan dikemudian hari.
i)        Keterampilan
Keterampilan yang dapat pula diartikan sebagai cakap atau cekatan dalam mengerjakan sesuatu atau dapat diartikan sebagai penguasaan individu terhadap suatu perbuatan.
j)        Penggunaan waktu senggang.
Kegitan-kegiatan yang dilakukan oleh diluar jam pelajaran disekolah digunakan untuk menunjang hobinya atau rekreasi.
k)      Aspirasi dan Pengetahuan Sekolah atau Pendidikan sambungan
Aspirasi dengan pendidikan sambungan yang diinginkan yang berkaitan dengan perwujudan dari cita-citanya.
l)        Pengalaman kerja
Pengalaman kerja yang pernah dialami siswa pada waktu duduk di sekolah atau di luar sekolah.
m)    Pengetahuan tentang dunia kerja
Pengetahuan yang sementara ini dimiliki anak, termasuk dunia kerja, persyaratan, kualifikasi, jabatan, structural, promosi jabatan, gaji yang diterima hak dan kewajiban tempat pekerjaan itu berada dan lain2.
n)      Kemampuan dan keterbatasan fisik dan penampilan lahiriah
Kemampuan fisik dapat berupa tinggi badan, berat badan, gaya bicara, dsb.
o)      Masalah dan keterbatasan Pribadi
Masalah atau problema dari aspek diri sendiri ialah selalu ada kecenderungan yang bertentangan apabila menghadapi masalah tertentu.
ü  Faktor-faktor sosial yang berpengaruh terhadap pola atau pilih jabatan
Di samping faktor yang ada dalam diri individu kelompok juga memililki kecendrungan yang berpengaruh terhadap pola pilihan jabatan. Kelompok tersebut terbagi:
a)      Kelompok Primer
Kelompok primer yaitu kelompok yang erat hubungannya dengan individu. Kelompok ini diwarnai oleh bentuk-bentuk hubungan yang bersifat pribadi dan akrab dan terjadi secara terus menerus; keluarga merupakan bentuk kelompok primer yang memiliki kemantapan dan kompak.
Murray, memandang keluarga itu sebagai suatu lembaga sosial, ia membagi fungsi keluarga itu atas dua dasar pokok, yang masing-masing disebut, basic and secondary yaitu:
o    Fungsi dari keluarga itu tidaklah hanya mkerupakan sesatuan biologis, tetapi juga merupakan bagian dari hidup bermasyarakat (social cell).
o    Bahwa keluarga itu mempunyai kewajiban untuk meletakkan dasar-dasar pendidikan. Faktor-faktor sosial yang berhubungan dengan kelompok primer yang berpengaruh terhadap arah pilih jabatan, diantaranya;
1.      Jenis pekerjaan dan penghasilan orang tua
2.      Pendidikan tertinggi orang tua
3.      Tempat tinggal orang tua
4.      Status sosial ekonomi orang tua
5.      Suku bangsa, agama, dan kepercayaan yang dianut orang tua
6.      Keadaan lingkungan sekitar tempat tinggal orang tua
7.      Harapan orang tua terhadap pendidikan anak
8.      Sikap dan tanggapan orang tua terhadap teman-teman anaknya
9.      Pekerjaan yang didambakan dan dicita-citakan orang tua terhadap anaknya
10.  Kedudukan dan peranan anak dalam keluarga
11.  Hubungan dan sikap saudaranya terhdap anak
12.  Nilai-nilai dan norma-norma yang dimiliki dan dianut orang tua.
b.      Kelompok Sekunder
Kelompok sekunder yaitu kelompok yang tidak erat hubungannya dengan individu tetapi mempunyai tujuan yang sama. Kelompok ini didasarkan atas kepentingan-kepentingan tertentu yang mewarnai aktivitas, gerak-gerik kelompok itu.
Keberadaan dan aktifitas kelompok sekunder ini tidak tergantung pada hubungan pribadi secara akrab, meskipun hubungan anggota tetap ada. Kelompok sekunder yang berpengaruh terhadap arah pilih jabatan anak diantaranya:
§  Keadaan teman-teman sebaya
§  Sifat dan sikap teman-teman sebaya
Tujuan dan nilai-nilai dari kelompok teman sebaya

0 komentar:

Ikutan Komentar