Beberapa Faktor yang berpengaruh terhadap perkembangan
karir diantaranya :
ü
Faktor-faktor
yang berpengaruh pada diri individu
Faktor-faktor
ini meliputi:
a) Kemampuan intelegensi
Pada
hakikatnya tes intelegensi memiliki kecendrungan untuk mengukur kemampuan
pembawaan yang ada pada diri individu. Perbedaan intelegensi itu
bukanlah terletak pada kualitasnya tetapi pada taraf intelegensi itu sendiri.
b) Bakat
Bakat merupakan suatu
kondisi, suatu kualitas yang dimiliki individu untuk berkembang di masa yang
akan mendatang.
c) Minat
Minat adalah suatu perangkat
mental yang terdiri dari kombinasi, perpaduan dan campuran dari perasaan,
harapan, prasangka, cemas, takut dan kecendrungan lain yang bisa mengarahkan
individu kepada suatu pilihan tertentu.
d)
Sikap
Sikap adalah suatu kesiapan
pada seseorang untuk bertindak secara tertentu terhadap hal-hal tertent, yang
cendrung stabil dimiliki oleh individu dalam mereaksi terhadap dirinya sendiri.
e)
Kepribadian
Kepribadian diartikan sebagai
suatu organisasi yang dinamis di dalam individu dari sistem-sistem psikofisik yang
menentukan penyesuaian-penyesuaian yang unik terhadap lingkungannya.
f) Nilai
Nilai adalah sifat-sifat atau
hal-hal yang penting atau berguna bagi kemanusiaan. Dimana nilai bagi manusia
dipergunakan sebagai patokan dalam melakukan tindakan.
g) Hobi atau kegemaran
Hobi
adalah kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan individu karena kegiatan tersebut
merupakan kegemarannya atau kesenangannya.kegemaran seserang dalam bidang
karang-mengarang, tulis-menulis artikel,memiliki kecendrungan untuk menentukan
arah pilihan jabatan yang sesuai dengan hobinya.
h) Prestasi
Penguasaan
terhadap materi pelajaran dalam pendidikan yang sedang ditekuninya oleh
individu berpengaruh terhadap arah pilih jabatan dikemudian hari.
i)
Keterampilan
Keterampilan
yang dapat pula diartikan sebagai cakap atau cekatan dalam mengerjakan sesuatu
atau dapat diartikan sebagai penguasaan individu terhadap suatu perbuatan.
j)
Penggunaan
waktu senggang.
Kegitan-kegiatan yang
dilakukan oleh diluar jam pelajaran disekolah digunakan untuk menunjang hobinya
atau rekreasi.
k) Aspirasi dan Pengetahuan Sekolah atau Pendidikan sambungan
Aspirasi dengan pendidikan
sambungan yang diinginkan yang berkaitan dengan perwujudan dari cita-citanya.
l)
Pengalaman
kerja
Pengalaman
kerja yang pernah dialami siswa pada waktu duduk di sekolah atau di luar
sekolah.
m) Pengetahuan tentang dunia kerja
Pengetahuan yang sementara
ini dimiliki anak, termasuk dunia kerja, persyaratan, kualifikasi, jabatan,
structural, promosi jabatan, gaji yang diterima hak dan kewajiban tempat
pekerjaan itu berada dan lain2.
n) Kemampuan dan keterbatasan fisik dan penampilan lahiriah
Kemampuan fisik dapat berupa
tinggi badan, berat badan, gaya bicara, dsb.
o) Masalah dan keterbatasan Pribadi
Masalah
atau problema dari aspek diri sendiri ialah selalu ada kecenderungan yang
bertentangan apabila menghadapi masalah tertentu.
ü
Faktor-faktor
sosial yang berpengaruh terhadap pola atau pilih jabatan
Di samping
faktor yang ada dalam diri individu kelompok juga memililki kecendrungan yang
berpengaruh terhadap pola pilihan jabatan. Kelompok tersebut terbagi:
a) Kelompok Primer
Kelompok primer yaitu
kelompok yang erat hubungannya dengan individu. Kelompok ini diwarnai oleh
bentuk-bentuk hubungan yang bersifat pribadi dan akrab dan terjadi secara terus
menerus; keluarga merupakan bentuk kelompok primer yang memiliki kemantapan dan
kompak.
Murray, memandang keluarga
itu sebagai suatu lembaga sosial, ia membagi fungsi keluarga itu atas dua dasar
pokok, yang masing-masing disebut, basic and secondary yaitu:
o Fungsi dari keluarga itu tidaklah hanya mkerupakan sesatuan
biologis, tetapi juga merupakan bagian dari hidup bermasyarakat (social cell).
o Bahwa keluarga itu mempunyai kewajiban untuk meletakkan
dasar-dasar pendidikan. Faktor-faktor sosial yang berhubungan dengan kelompok
primer yang berpengaruh terhadap arah pilih jabatan, diantaranya;
1.
Jenis pekerjaan dan
penghasilan orang tua
2.
Pendidikan tertinggi orang
tua
3.
Tempat tinggal orang tua
4.
Status sosial ekonomi orang
tua
5.
Suku bangsa, agama, dan kepercayaan
yang dianut orang tua
6. Keadaan lingkungan sekitar tempat
tinggal orang tua
7.
Harapan orang tua terhadap pendidikan
anak
8.
Sikap dan tanggapan orang tua terhadap
teman-teman anaknya
9.
Pekerjaan yang didambakan dan dicita-citakan
orang tua terhadap anaknya
10.
Kedudukan dan peranan anak dalam
keluarga
11.
Hubungan dan sikap saudaranya terhdap
anak
12. Nilai-nilai dan norma-norma yang
dimiliki dan dianut orang tua.
b. Kelompok Sekunder
Kelompok sekunder yaitu kelompok yang tidak erat
hubungannya dengan individu tetapi mempunyai tujuan yang sama. Kelompok ini
didasarkan atas kepentingan-kepentingan tertentu yang mewarnai aktivitas,
gerak-gerik kelompok itu.
Keberadaan dan aktifitas kelompok sekunder ini tidak
tergantung pada hubungan pribadi secara akrab, meskipun hubungan anggota tetap
ada. Kelompok sekunder yang berpengaruh terhadap arah pilih jabatan anak
diantaranya:
§ Keadaan teman-teman sebaya
§ Sifat dan sikap teman-teman sebaya
Tujuan dan nilai-nilai dari kelompok teman sebaya
0 komentar:
Ikutan Komentar