Senin, 10 Desember 2012

Kepribadian Anak Berdasarkan Urutan Kelahirannya


1)      Anak Tunggal
Sifat : Ciri khas anak tunggal suka menggantungkan cita-cita yang tinggi dan sangat idealistic. Anak Tunggal memiliki kadar idealistic yang super tinggi (tertinggi diantara anak yang lain dalam hal jodoh, dan pekerjaan). Anak tunggal juga sangat suka bepergian, berekreasi atapun berpetualang. Anak Tunggal memiliki kesamaan dengan anak pertama yakni tidak suka berbuat ulah (cinta akan perdamaian). Kecenderungan si Anak Tunggal lebih suka kepada lawan jenis yang berwajah dan bersikap dewasa. Sangat bertanggung jawab dan sangat perhatian hingga sangat bisa diandalkan. Anak tunggal cenderung lumayan jauh dari ‘penyakit’ bimbang, sehingga urusan mengambil keputusan bukan perkara sulit bagi dia. Kekurangan anak ini apalagi kalau bukan egonya yang berlipat-lipat ganda. Sangat menuntut perhatian dari orang-orang sekitarnya dan selalu pengen diutamakan dalam segala hal.
Selera Jodoh: Anak tunggal menurut penelitian Psikolog kurang cocok dengan anak tengah, akan banyak konflik terjadi karena banyak perbedaan. Menurut pengamatan dan penelitian, anak tunggal kurang suka dengan tipe yang pecicilan (biasanya bungsu) dia lebih suka yang bersikap dewasa dan serius seperti anak Pertama (umumnya).

2)      Anak Sulung
Sifat : Sifat dasar anak pertama adalah bijaksana, bersikap lebih dewasa dan memiliki paling banyak ilmu namun kadang jarang dikeluarkan/diucapkan. Anak Sulung berpikir lebih kritis (umumnya memiliki daya analisa yang paling kuat). Anak pertama banyak ilmunya di dalam dirinya namun tidak banyak dikeluarkan oleh ucapan kecuali oleh teman terdekatnya saja. Sifat baik anak Sulung yang lain adalah jarang memukul atau tidak usil karena sifatnya agak serius. Sifat buruk anak Sulung adalah paling perhitungan, paling pelit, dan sangat pemilih dalam urusan jodoh daripada anak-anak yang lain (pada umumnya), dan biasanya sangat mengharapkan sekali pasangan yang ganteng atau yang cantik, ataupun mapan dan berduit. Sangat bertanggung jawab.
Selera Jodoh :Anak Pertama orangnya pengertian dan dewasa, biasanya langsung suka dengan anak Bungsu, namun tidak menutup kemungkinan ke tipe anak lain asalkan nyambung dan ada rasa cinta, karena pada umumnya Anak pertama menyukai pasangan yang cantik/ganteng atau yang mapan (idealistic). 
3)      Anak Tengah
Sifat : Anak Tengah memiliki sifat dasar lebih bebas, Pemberani, Percaya diri tinggi dan lebih mudah berekspresi dalam perkataan dan tindakan (Mudah berkomentar, dan sangat luwes dalam gerakan). Sifat baik anak Tengah adalah sangat ramah dan mudah bergaul atau menyesuaikan diri dengan orang lain sehingga dengan mudah disukai banyak orang, disamping itu memiliki jiwa seni lebih tinggi daripada anak yang lain (Seniman). Sifat kurang baiknya adalah mudah emosi, gampang tersinggung, suka membuat ulah/gara-gara namun mudah merasa iba, ringan tangan, mudah untuk bentrok/cekcok dengan orang lain karena anak tengah umumnya gak mau kalah (pengen menang) Anak Tengah paling pemberani diantara yang lain (Bernyali besar). Biasanya Anak Tengah paling mudah berkomunikasi atau akrab juga dengan anak tengah tapi juga gampang konflik juga dengan anak tengah itu sendiri. Karakternya umumnya sangat berlawanan dengan saudara- saudara kandung yang lain. Walau banyak anak tengah yang dari luar keliatannya merupakan pribadi yang terbuka tapi sebenarnya dia cenderung tertutup. Dalam banyak hal, terutama buat urusan pribadi, enggak mau cerita apalagi minta tolong sama keluarga. Kenapa demikian??? Karena posisi yang “kejepit” di dalam keluarga, anak tengah suka merasa tidak diperdulikan sama keluarganya. Situasi ini justru membuat anak tengah punya kelebihan juga, lebih bisa membina hubungan yang solid dengan orang-orang diluar keluarga intinya, serta lebih mudah membaca dan memahami isi pikiran orang lain.
Jodoh : Kalo menurut ilmu jodoh psikologi anak tengah kurang cocok dengan anak tunggal disebabkan karena banyaknya perbedaan dan akan ada konflik. Anak tengah akhirnya akan mencari jodoh yang dapat memenangkan hatinya.


4)      Anak Bungsu

Bungsu atau anak bungsu adalah anak termuda atau anak terakhir dari sepasang orang tua. Anak sulung dapat menjadi anak termuda tapi bukan anak terakhir jika ibunya melahirkan anak(-anak) sesudahnya tetapi tidak ada yang masih hidup. Seorang anak bungsu juga dapat dikatakan anak terakhir, namun bukan anak termuda jika ia memiliki saudara tiri yang lebih muda darinya. Lawan dari kata (anak) bungsu adalah (anak) sulung.
Salah satu sifat bungsu menurut birth order adalah suka memikirkan orang lain. Jiwa sosial bungsu yang besar menyebabkan ia menjadi tipe Altruis dan seringkali terjebak dalam faham Altruisme yang berlebihan dan melelahkan. ada baiknya bungsu mulai memikirkan diri sendiri dan mencari nafkah buat keluarga. Kehebatan jiwa sosial bungsu menyebabkannya menjadi terkenal dan menjadi guru dan filosof bagi lingkungannya .
Di dalam hubungannya dengan anak sulung, bungsu harus hati hati di dalam berkomunikasi dan tidak boleh terlalu percaya kepada orang lain, juga harus menentukan apakah lebih baik memikirkan barang atau orangnya . Bungsu cocok untuk bekerja di dunia sales, dunia hiburan dan dunia pendidikan sebagai guru atau filosof . Karena jiwa sosialnya, anak bungsu adalah dermawan tetapi harus belajar cara memberi yang baik dan yang perlu diberi atau yang tidak boleh diberikan. Menurut teori bungsu, ia sangat baik hubungannya dengan anak tunggal dan memiliki naluri yang tajam. Bungsu juga memiliki emosi marah yang besar dan bisa menunjukkan siapa dirinya di saat yang mungkin tidak orang duga.
Dalam beberapa kasus psikologi dan kejiwaan, bungsu sering dikaitkan dan dikambing hitamkan . Bungsu memiliki sisi gelap yang memerangkapnya dalam beberapa saat sebelum mengalami pencerahan dan kembali lagi mengalami problem psikologis. Selain sebagai seniman yang baik, bungsu sering dicap sebagai orang yang dikutuk karena kecerobohan dan kesalahan kesalahan yang sebenarnya tidak perlu memberatkan dirinya.
Sifat : anak bungsu memiliki sifat Fun (menyenangkan) dan manja (kolokan) dikarenakan sudah mempunyai kakak-kakak diatasnya jadi merasa menggantungkan dengan kakaknya atau orang tuanya (pada umumnya tapi tidak mesti). Anak Bungsu kurang cocok untuk jadi seorang pemimpin karena kurang tegas (tidak semuanya). Kebaikan anak Bungsu ini umumnya berbadan paling sehat, jarang mengalami sakit apalagi yang berat-berat, dan biasanya paling awet muda diantara anak-anak yang lain (baby face). Sifat buruk dari anak Bungsu adalah ini paling gampang dalam mengeluarkan duit (boros) dan kurang suka menabung karena kurang suka perhitungan. Cenderung jadi sosok yang ramah dan menyenangkan. Pintar bergaul, populer dan gampang bikin orang kesengsem. Mengapa bisa begitu karena umumnya sangat easy going. Enggak mau ribet mikirin apa-apa dan enggak terlalu peduli dengan berbagai masalah yang datang. Egonya sangat tinggi, sering kali di manja. Dia juga suka memberontak, itu dia lakukan gak lebih untuk memperoleh otoritasnya karena dia sebenarnya enggak suka didominasi. Anak bungsu mempunyai tanggung jawab dan perhatian yang besar terhadap keluarga. Meskipun keliatannya suka gak mau ambil pusing, anak ini sangat loyal terhadap keluarganya. Jika ada keluarga yang tertekan anak bungsu akan keluar dan menjadi tameng untuk keluarganya.
Jodoh : Dalam hal jodoh Anak Bungsu bisa cocok dengan semuanya karena anak bungsu oranganya tidak terlalu perhitungan dan pilih-pilih asalkan bisa mendapatkan jodoh yang baik (menurut si bungsu).

5)      Anak Kembar
Bisa seperti anak sulung atau bungsu, tergantung pada peran yang didapatnya: sebagai kakak atau sebagai adek. Anak kembar yang lahir lebih dahulu dalam proses kelahiran normal biasanya dianggap sebagai kakak, sementara yang lahir belakangan dianggap sebagai adek. Padahal , berdasarkan pada beberapa penelitian terhadap anak-anak kembar, posisi sulung atau bungsu pada anak kembar gak selalu tetap. Banyak penelitian psikologi yang menemukan fakta bahwa ketika umur anak kembar sudah sekitar 11 atau 12 tahun, peran mereka bisa bertukar satu sama lain. Jadi, yang lahir lebih dahulu akan memposisikan diri sebagai adek, dan sebaliknya  yang belakangan malah seolah kakaknya. Ikatan batin diantaranya sangat tinggi. Cinta, kasih sayang, perhatian dan tanggung jawab mereka pada kembarannya jauh lebih besar dibandingkan pada anggota keluarga lainnya

10 komentar:

Nee Andriansyah mengatakan...

aku anakk pertama nihhh

Sovia Bintang Aurora mengatakan...

gimana, cocok ga sama kepribadian kamu? :)

Ilaika Zuhdi mengatakan...

Yahhh gk ada k pribadian anak k 4 dari 5 bersaudara yaa..???

Ilaika Zuhdi mengatakan...

Yahhh gk ada k pribadian anak k 4 dari 5 bersaudara yaa..???

Ilaika Zuhdi mengatakan...

Yahhh gk ada k pribadian anak k 4 dari 5 bersaudara yaa..???

Jaza Al Awfa mengatakan...

wah makasih gan, Fakta Anak Kedua juga bisa dijadikan bahan acuan :) nice share ya gan :)

supri yadi mengatakan...

ada benernya juga..si anak tengahh.. ha..ha..ha..

Anonim mengatakan...

aku anak bungsu nih... banyak benernya juga. ambil positipnya aja lah. thanks.

Unknown mengatakan...

Aku anak ke dlapan
Dari 9 bersaudara.... tapi ku trmasuk anak bungsu permpuan bner banget kalimat buat anak bungsu ku suka

Unknown mengatakan...

Aku anak ke dlapan
Dari 9 bersaudara.... tapi ku trmasuk anak bungsu permpuan bner banget kalimat buat anak bungsu ku suka

Ikutan Komentar