PROGRAM TAHUNAN
MATA PELAJARAN : Pendidikan Agama Islam
TAHUN PELAJARAN : 2012 / 2013
KELAS / PROGRAM : VII
Semester
|
Kompetensi Dasar
|
Alokasi
Waktu
( 2 x 40
menit )
|
|
Al-Qur’an
1. Menerapkan
Hukum bacaan ”Al” Syamsiyah dan ”Al”Qomariyah
1.1 Menjelaskan
hukum bacaan bacaan ”Al” Syamsiyah dan ”Al”Qomariyah
1.2 Membedakan hukum bacaan bacaan ”Al” Syamsiyah dan ”Al”Qomariyah
1.3 Menerapkan bacaan bacaan ”Al” Syamsiyah dan
”Al”Qomariyah dalam bacaan surat-surat
Al-Qur’an dengan benar
|
2
|
Aqidah
2. Meningkatkan
keimanan kepada Allah SWT melalui pemahaman sifat-sifatNya
2.1 Membaca
ayat-ayat Al-Qur’an yang berkaitan dengan sifat-sifat Allah
2.2 Menyebutkan
arti ayat-ayat Al-Qur’an yang berkaitan dengan sifat-sifat Allah SWT
2.3 Menunjukkan
tanda-tanda adanya Allah SWT
Menampilkan perilaku sebagai cermin
keyakinan akan sifat-sifat Allah SWT
|
2
|
|
Uji Kompetensi 1
|
1
|
|
3. Memahami
Asmaul Husna
3.1 Menyebutkan
arti ayat-ayat Al-Qur’an yang berkaitan dengan 10 Asmaul Husna
3.2 Mengamalkan
isi kandungan 10 Asmaul Husna
|
1
|
|
Akhlak
4.
Membiasakan perilaku terpuji
4.1 Menjelaskan
pengertian tawadhu, ta’at, qana’ah dan sabar
4.2 Menampilkan
contoh-contoh perilaku tawadhu, ta’at,
qana’ah dan sabar
4.3 Membiasakan
perilaku tawadhu, ta’at, qana’ah dan sabar
|
2
|
|
UTS
|
1
|
|
Fiqih
5.
Memahami ketentuan – ketentuan
thaharah (bersuci)
5.1 Menjelaskan
ketentuan –ketentuan mandi wajib
5.2 Menjelaskan
perbedaan hadas dan najis
|
1
|
|
6.
Memahami tata cara shalat
6.1 Menjelaskan
ketentuan-ketentuan shalat wajib
6.2 Memperaktikkan
shalat wajib
|
2
|
|
Uji Kompetensi 2
|
1
|
|
7.
Memahami tata cara shalat
jamaah dan munfarid (sendiri)
7.1 Menjelaskan
pengertian shalat jama’ah dan munfarid
7.2 Memperaktikkan
shalat jama’ah dan shalat munfarid
|
1
|
|
Tarikh
dan kebudayaan Islam
8. Memahami
sejarah Nabi Muhammad SAW
8.1 Menjelaskan
sejarah Nabi Muhammad SAW
8.2 Menjelaskan
misi nabi Muhammad untuk semua manusia
dan bangsa
|
1
|
|
Cadangan
|
1
|
|
UAS
|
1
|
|
Jumlah
|
17
|
|
|
Al-Qur’an
9. Menerapkan
hukum bacaan nun mati / tanwin dan mim mati
9.1 Menjelaskan
hukum bacaan nun mati / tanwin dan mim mati
9.2 Membedakan
hukum bacaan nun mati / tanwin dan mim mati
9.3 Menerapkan
hukum bacaan nun mati / tanwin dan mim mati dalam bacaan surat-surat
Al-Qur’an dengan benar.
|
2
|
|
Aqidah
10. Meningkatkan keimanan kepada Malaikat
10.1 Menjelaskan arti beriman kepada
Malaikat
10.2 Menjelaskan tugas-tugas Malaikat
|
2
|
Uji kompetensi 1
|
1
|
|
Akhlak
11.
Membiasakan perilaku terpuji
11.1 Menjelaskan
arti kerja keras, tekun, ulet dan teliti
11.2 Menampilkan
contoh perilaku kerja keras, tekun, ulet, dan teliti
11.3 Membiasakan
perilaku kerja keras, ulet, tekun dan
teliti
|
3
|
|
UTS
|
1
|
|
Fiqih
12. Memahami tatacara shalat Jum’at
12.1 Menjelaskan
ketentuan – ketentuan shalat jum’at
12.2 Mempraktekkan shalat jum’at
|
2
|
|
13.
Memahami tatacara shalat jama’ dan qashar
13.1 Menjelaskan
shalat jama’ dan qashar
13.2 Mempraktekkan
shalat jama’ dan qashar
|
2
|
|
Uji kompetensi 2
|
1
|
|
Tarikh dan
Kebudayaan Islam
14. Memahami
sejarah Nabi Muhammad SAW
14.1 Menjelaskan
misi Nabi Muhammad SAW untuk menyempurnakan akhlak, membangun manusia mulia
dan bermanfaat
14.2 Menjelaskan
misi Nabi Muhammad SAW sebagai rahmat bagi alam semesta, pembawa kedamaian,
kesejahteraan, dan kemajuan masyarakat
14.3
Meneladani perjuangan Nabi dan para Sahabat dalam menghadapi masyarakat
Makkah
|
3
|
|
Cadangan
|
2
|
|
UAS
|
1
|
|
Jumlah
|
20
|
|
Surabaya, 2013
|
Mengetahui,
Kepala SMP
Negeri ... Surabaya
|
Guru Mata
Pelajaran PAI
|
.........................................
NIP.
....................................
|
Sistriana
Octavivi, S.Pd.I
NIP.
....................................
|
0 komentar:
Ikutan Komentar