Minggu, 31 Agustus 2014

Tips Lolos Seleksi CPNS 2014

Hei gan!
Gimana kabarnya?
Saya sudah lulus kuliah nih, sayangnya belum punya ijazah. Ups, kenapa jadi curcol ya. Hehe.
Agan-agan udah punya ijazah belum? Yang udah dan kepengen dapet kerjaan yang menjanjikan, boleh nih nyoba seleksi CPNS 2014. Bagi yang belum punya, ya jangan sedihlah, pasti masih ada jalan, rejeki ga kemana kok, gan. (Khususnya buat saya yang sampai saat ini masih megang Surat Keterangan Lulus, wkwk :D)
Berhubung udah banyak lapak yang ngebahas tentang seleksi CPNS baik formasi dan tata cara pendaftaran di https://panselnas.menpan.go.id/  dan berlanjut di http://sscn.bkn.go.id/index.html, kita bahas tips lolos seleksinya aja ya, gan..
Langsung saja, check it out, agan-agan yang ganteng dan cantik!
1. Belajar
Anak SD juga tau kalo mau ada tes harus belajar. Agan-agan yang udah punya ijazah pastinya juga ga bisa ngeremehin hal satu ini dong. Udah dapet bocoran kan kalo seleksinya ada Tes Kemampuan Dasar (TKD) dan kalau diperlukan juga ada Tes Kompetensi Bidang (TKB). TKD sendiri terdiri dari 100 soal, yaitu 35 soal Tes Karakteristik Pribadi (TKP), 30 soal Tes Intelegensia Umum (TIU), dan 35 soal Tes Wawasan Kebangsaan (TWK). Sedangkan untuk passing grade masing-masing tes berbeda lagi, gan. TKP sendiri minimal harus mencapai 60%, TIU 50%, dan TWK 40% dari masing-masing soal yang ada.
Kita itung-itungan dulu nih, gan! Untuk mencapai passing grade TKP, kita kalikan saja, 60% x 35 = 21. Yang harus kita yakin bener jawabannya berarti minimal sebanyak 21 soal. Kalau agan bisa jawab benar lebih dari 21 soal, peluang agan untuk lolos pasti lebih banyak. Untuk TIU, 50% x 30 = 15. Nah, gan, untuk TIU ternyata agan harus menjawab minimal 15 soal yang benar, semakin banyak yang benar, sudah pasti peluang makin besar pula. Yang terakhir nih, untuk TWK, 40% x 35 = 14. Gan.. 14 soal, gan... Agan harus menjawab benar minimal 14 soal. Harusnya bisa dong ya, kan agan warga Indonesia yang baik dan sangat mencintai tanah air (semoga :D).
Penilaian untuk TKP tidak ada nilai 0 (nol), tetapi kisaran nilainya antara 1 sampai 5. Sedangkan untuk TIU dan TWK, kalau salah nilainya 0 (nol), kalau benar nilainya 5 (lima). Agar agan-agan bisa menjawab soal-soal seleksi CPNS, agan perlu belajar menjawab soal-soal TKD, bisa beli buku prediksi CPNS atau agan bisa nyari di lapak tetangga saya, udah banyak kok gan yang nyediain contoh soal-soal CPNS.
2. Berdo’a
Sila pertama Pancasila, yaitu “Ketuhanan yang Maha Esa”. Agan pasti punya Tuhan kan, deketin Tuhan, gan, minta biar dikasih jalan, dikasih rejeki yang baik. Ya daripada agan nyogok manusia dengan uang, nanti malah haram jatohnya, lebih baik agan nyogok Tuhan aja. Agan bisa ber­nadzar, beribadah yang lebih kepada Tuhan. Tapi ya kalau udah dikabulkan, jangan ngelupain Tuhan lagi, gan.. Masa ndeketin kalo lagi butuh aja, itu mah namanya munafik, gan. Ya kan?
3. Tawakkal
Tes udah, berdo’a juga udah, saatnya tawakkal, gan. Agan-agan sekalian kan udah berusaha, berdo’a, kalau dikabulkan, alhamdulillah, selamat buat agan, kalau belum dikabulkan, insyaAllah masih ada rezeki yang lebih baik buat agan. Ya apapun yang menjadi keputusan-Nya diterima dengan lapang dada-lah, gan.
Oke, gan. Selamat mencoba seleksi CPNS 2014 ya, semoga usaha dan do’a agan sekalian membuahkan hasil yang baik. Aamiin.


0 komentar:

Ikutan Komentar